TKJ SMKN 1 GEGER MADIUN

Teknik Komputer dan Jaringan

Friday, January 11, 2013

WEBSITE



1.      Pengenalan Web
Web merupakan salah satu fasilitas di internet. Web sendiri merupakan kumpulan dokumen-dokumen multimedia yang saling terhubung satu sama lain yang menggunakan protokol HTTP dan untuk mengaksesnya menggunakan “browser”. browser merupakan perangkat lunak untuk menampilkan halaman-halaman web dalam format HTML. contoh browser/ web browser diantaranya adalah: internet explorer, mozilla firefox, opera, safari.
2.      Web dinamis dan web statis
Secara umum web dapat dibagi menjadi 2 kategori, yaitu web dinamis dan web statis. Perbedaan keduanya dapat dilihat dari isi/ “content” jenis web tersebut. web dinamis adalah jenis web yang isinya selalu berubah-ubah/ uptodate. contoh web dinamis adalah web berita, web perdagangan (e-commerce),  sedangkan web statis merupakan jenis web yang isinya tidak berubah-ubah biasanya web jenis ini dibuat menggunakan teknologi HTML yang isinya tidak dapat dirubah kecuali dengan cara merubah langsung isinya dari file aslinya (*.html).
3.      Pemrograman Web
Secara umum pemrograman web dapat dibagi 2, yaitu: client side scripting dan server side scripting. perbedaan dari kedua jenis script ini adalah pada bagaimana script tersebut di proses dan tentu saja dari sintaks program yang digunakan.
Client side scripting (CSS), merupakan jenis script yang pengolahannya dilakukan di sisi client. pengolahan disini berarti “di terjemahkan/ interpreted”. yang memiliki tugas untuk menterjemahkan script jenis ini disisi client adalah web browser. agar semua script yang masuk kategori ini dapat diterjemahkan oleh web browser maka didalam web browser terdapat sebuah komponen/ modul/ “engine” yang memiliki daftar pustaka (library) yang mampu mengenali semua perintah-perintah yang terdapat pada kategori client side scripting. berikut contoh web browser yang populer digunakan: internet explorer, mozilla firefox, opera., safari.  berikut adalah contoh client side scripting: HTML (hypertext markup language), java script, XML (extensible markup language), CSS (cascading style sheet). client side scripting merupakan script yang digunakan untuk membuat halaman web statis.
Server side scripting (SSS), merupakan script yang pengolahannya (baca: diterjemahkan) di sisi server. server yang dimaksud disini adalah sebuah komponen yang biasa disebut web server yang didalamnya terintegrasi dengan sebuah mesin (engine)/ modul yang didalamnya terdapat daftar pustaka (library) yang mampu menterjemahkan script-script tersebut yang kemudian setelah di terjemahkan di server kemudian dikirim (ditampilkan) ke client (web browser) dalam format HTML (hypertext markup language). mesin (engine) tersebut harus di install terlebih dahulu karena mesin-mesin tersebut memiliki karakteristik yang berbeda untuk tiap script (bahasa pemrograman) yang digunakan. berikut contoh server side scripting: PHP (PHP pre processor), ASP (active server pages), JSP (java server pages). server side scripting digunakan untuk membuat halaman web dinamis. hal ini disebabkan karena server side scripting memiliki kelebihan, diantaranya: mampu berinteraksi dengan banyak perangkat lunak basis data (database), mampu mengelola sumber daya yang terdapat di sistem operasi dan perangkat keras komputer, mampu dijalankan di semua sistem operasi (multi plattform), aman karena scriptnya di proses di server yang tidak dapat dilihat dari sisi client (web browser).
4.      Komponen-komponen penyusun web
Untuk membuat web diperlukan beberapa komponen yang harus ada (ter-install) didalam komputer, yaitu:
a.       web browser, merupakan perangkat lunak wajib yang harus terdapat di komputer. karena untuk menjalankan aplikasi web harus menggunakan web browser. beberapa contohnya: internet explorer, mozilla firefox, opera, safari.
b.      web server, merupakan perangkat lunak wajib jika membuat sebuah halaman web dinamis. dalam web server semua script-script web yang dibuat diletakkan. biasanya diletakkan dalam “document root” dalam web server tersebut. dengan menggunakan web server maka pembuat web dapat melakukan uji coba terhadap halaman-halaman web yang dibuat tanpa harus mencobanya di internet langsung (localhost). berikut contoh web server: IIS (internet information services) terdapat pada windows NT/ XP/ 2000 Server untuk ASP dan PHP, PWS (personal web server) terdapat pada Windows 98 SE untuk ASP dan PHP, Apache web server dapat di install di semua sistem operasi untuk PHP, Apache Tomcat dapat di install di semua sistem operasi untuk JSP (java server pages).
c.       script, merupakan script yang digunakan. untuk membuat web statis menggunakan client side scripting (HTML, XML, CSS style sheet, java script). untuk membuat web dinamis menggunakan  server side scripting (ASP, PHP, JSP).
d.      database server, merupakan tempat penyimpan data dalam sebuah web. contohnya: MySQL, Microsoft SQL Server, Oracle, DB2 (IBM), PostgreSQL.
e.       web editor, merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengetikkan perintah-perintah script yang digunakan baik itu client side scripting ataupun server side scripting bahkan beberapa web editor dapat digunakan untuk mengatur layout/ tampilan halaman web secara instant. berikut contoh web editor: Notepad, Macromedia Dreamweaver, Ultra Edit, Adobe Go Live, NetBean.
f.       image editor, merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola gambar-gambar dan animasi yang nantinya akan digunakan didalam halaman web yang akan dibuat. berikut contohnya: adobe photoshop, corell draw, macromedia flash.
5.      Komponen hypertext
Web sekarang ini berkembang dari ide dan konsep yang dicetuskan olehTim Berners-Lee, seorang peneliti pada CERN Particle Physics Lab di Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-Lee merumuskan suatu proposal tentang sebuah system hypertext yang memiliki tiga komponen sebagai berikut:
1.      Antarmuka yang konsisten untuk semua platform. Antarmuka ini harus menyediakan akses yang dapat digunakan oleh berbagai jenis komputer.
2.      Akses informasi yang universal. Setiap pengguna harus dapat mengakses setiap informasi yang tersedia.
3.      Antarmuka yang menyediakan akses terhadap berbagai  jenis dokumen dan protokol.
6.      Istilah – istilah dalam Website
a.       Halaman web (web page) adalah halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi-informasi yang terdapat di web. 
b.      Situs web (web site) adalah sekumpulan halaman web milik seseorang, perusahaan atau instansi yang dikumpulkan dan diletakkan dalam web server.
c.       Homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan muncul jika sebuah situs web diakses. Hyperlink atau Link adalah penghubung antar halaman web.
d.      URL (Uniform Resource Locator) adalah alamat suatu dokumen atau situs web yang bersifat unik dan khas, contoh : http://www.ilmukomputer.com , http://www.facebook.com
7.      Teknologi pada website
a.       Teknologi Web Pada Sisi Client (Client-Side Technology)
-       Diimplementasikan dengan mengirimkan kode perluasan HTML atau program tersendiri dan HTML ke client. 
-       Client yang bertanggung jawab dalam melakukan proses terhadap seluruh kode yang diterima.
-       Kelebihannya adalah memungkinkan penampilan yang bersifat dinamis.
-       Kelemahannya adalah terdapat kemungkinan bahwa browser pada client tidak mendukung fitur kode perluasan HTML.
-       Yang termasuk dalam teknologi web pada sisi klien adalah : Control ActiveX, JavaScript, Java Applet, VBScript.
b.      Teknologi Web Pada Sisi Server (Server-Side Technology)
-       Teknologi Web pada sisi server memungkinkan pemrosesan kode di dalam server, kemudian server mengirimkan hasilnya pada client dan client hanya menampilkan isinya.
-       Keuntungan menggunakan teknologi Web pada sisi server adalah :
a.        Tingkat keamanan tinggi.
b.      Mencegah masalah ketidakkompatibelan browser.
c.       Dapat mengakses database
d.        Membuat tampilan web menjadi interaktif.
e.        Mencegah client mengetahui rahasia kode
-       Kelemahan pendekatan ini adalah beban kerja server menjadi lebih berat sehingga memerlukan hardware dan sistem operasi yang yang powerful.
-       Contoh teknologi Web yang berjalan di server adalah :
a.        Common Gateway Interafce (CGI)
b.       Active Server Pages (ASP)
c.       Java Servlet 
d.      Java Server Page (JSP)
e.       PHP
8.      Struktur website
Hal pertama dalam mempelajari sesuatu biasanya adalah pengenalan. Begitu juga mengenai website, sebelum mempelajarinya lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui bagian-bagian pembentuk sebuah website. Minimalnya dengan itu kita tahu, bagian mana yang bisa kita tangani, dan mana yang harus menggunakan jasa orang lain. Atau, kita tahu bagian mana yang harus diotak-atik dalam troubleshoting.
Secara garis besar, agar dapat diakses oleh publik, sebuah website harus memiliki empat komponen utama. Jika manusia memiliki nama, tubuh, jiwa, dan rumah tempat tinggal, maka sebuah website pun memilikinya.
a.      Nama website
Umumnya panduan dari domain dan TLD (Top Level Domain), dimana nama ini bersifat uniq yaitu tidak ada yang sama satupun didunia ini. Domain website ini adalah jayaweb, website ini menggunakan tld .com, jadi nama website ini adalah jayaweb.com. Beberapa tld lainnya yaitu .net, .info, .biz, dll. Tapi ada juga nama website menggunakan subdomain (sub/anak dari domain), semisal blog.jayaweb.com
b.      Tubuh
Dalam hal ini adalah struktur dan layout dasar sehingga website dapat tampil dengan baik. Struktur utama sebuah website dibentuk oleh script html, dihiasi oleh css dan gambar latar dan icon, agar dapat mengolah data maka dicerdaskan oleh php, asp, jsp atau lainnya. Dan agar terlihat lebih atraktif, interaktif dan lebih hidup, biasanya sebuah website disenjatai dengan javascript dan gambar-gambar animasi dan flash. Jika Anda enggan pelajari web programing, minimalnya Anda harus mempelajari cms agar dapat membuat website sendiri, semisal cms wordpress dan joomla.
c.       Jiwa
 Adalah fungsi dan isi/content yang berkenaan dengan fungsi website, sesuai dengan tujuan dibuatnya website itu. Macam-macam website berkenaan dengan hal ini diantaranya adalah website sebagai toko online, website sebagai blog, portal, social media, album photo, profil perusahaan, dll, yang tentunya memiliki type content yang berbeda sesuai fungsinya. Untuk web desainwebnet.com, contentnya adalah artikel tentang pembuatan website, belajar website dan info bisnis online, karena website ini saya peruntukan sebagai web yang juga berfungsi juga untuk publikasi.
d.      Rumah
 Bagi sebuah website adalah hosting untuk menempatkan file-file dan database website tersebut. Hosting disini adalah server yang terhubung ke internet, jadi sever local semisal apache di localhost bukanlah sebuah hosting dalam bahasan disini. Jadi ketika seseorang mengakses sebuah website, sebenarnya dia sedang mengakses sebuah komputer server yang terkoneksi ke internet, yang telah disediakan oleh pihak hosting untuk disewakan.
9.      Jenis – jenis website
a.       Basic
Secara basicly website disediakan untuk publikasi informasi. Adapun informasi yang akan disediakanadalah beraneka ragam dari profile pribadi hingga company profile.Fokus situs ini adalah publikasi informasi.
b.      Search Engine
Situs search engine adalah situs yang menyediakan mesin pencari. Search engine secara otomatismencari dan menyimpan data-data situs yang beredar di internet. Adapun materi yang dapat dicari adalahsegala sesuatu yang tergabung di dalam website yang terhubung di internet.  Fokus situs ini adalah sebagai mesin pencari situs lain.


c.       Portal
Situs jenis portal merupakan pintu gerbang bagi situs lain seperti halnya juga search engine. Tetapi didalam portal situs-situs tersebut lebih disusun untuk disajikan. Berbeda dengan search engine situs-situstersebut bukan dicari datanya secara otomatis oleh mesin pencari tetapi disimpan dan dikelola olehpengelola portal secara dictionary. Umumnya portal-portal besar juga menyediakan layanan internet lainseperti email bagi member dan lain-lain.
Fokus situs ini adalah sebagai gerbang dan facebook bagi situs lain.
d.      Blog
Blog merupakan buku harian yang terpublish di internet. Seorang pengelola blog dapat dengan bebasmenuangkan pikirianya dalam bentuk tulisan ke dalam website ini. Tulisan tersebut selanjutnya disimpandi database dan di publish di internet. Fungsional situs ini adalah publikasi dalam bentuk artikel diinternet.
Fokus situs ini adalah manajemen artikel.
e.       Networking
Situs jenis networking adalah situs penyedia yang menampung member-member untuk membentuk suatukomunitas. Sehingga member-member di dalam website tersebut dapat saling berkomunikasi danbertukar pikiran. Di dalam website ini sesama member dapat saling berkenalan dan menjalin relasi satusama lain. Pertukaran pesan dan testimonial pun terjadi diantara member yang belum atau sudahmenjalin relasi.
Fokus situs ini adalah friend relationship atau berteman dan berkomunitas di dalam internet.
f.       Forum
Forum adalah situs membership seperti networking juga. Tetapi tidak berfokus pada friend relationshipseperti situs networking. Situs ini lebih berfokus sebagai ajang diskusi di internet. Adapun diskusi dalambentuk tulisan yang diposting oleh member di organisasikan dengan lebih baik hingga perkategori yangterdiri dari berbagai sub-sub. Tujuan situs ini adalah wadah saling bertukar pikiran dalam diskusi. Fokus situs ini adalah forum diskusi online.
g.       News
News site adalah situs yang mengelola berita untuk di publish ke internet. Pengelola website dapat mengelola yaitu antara lain menulis dan memanage berita. Kemudian user internet dapat melihatinformasi berita tersebut melalui website.
Fokus situs ini adalah manajemen berita.
h.       Event Organizer
Situs jenis ini adalah situs yang mengelola manajemen informasi pengadaan acara  Informasi yangdisajikan situs ini biasanya berorientasi waktu, misalnya informasi kapan diadakannya sebuah event, event yang terlewatkan  dan event yang akan diadakan nantinya. Di dalamnya juga terdapat keterangandeskripsi tentang event tersebut dan judul event.
Fokus situs ini adalah manajemen informasi event.
i.        Gallery
Gallery site menyediakan fasilitas publikasi foto dan gambar secara online. Pengelola website dapatmenyimpan foto atau gambar yang diinginkan lalu dikategorikan dan di manage setelah itu di publish.
Fokus situs ini adalah publikasi foto dan gambar.
j.        Multimedia Streaming
Video streaming dan audio streaming sekarang merupakan trend baru dari dunia website. Di dalam situsjenis ini seseorang dapat menonton atau mendengarkan secara langsung multimedia melalui web. Untuk membangun situs ini diperlukan server yang memiliki koneksi internet yang high dan up stream, inidikarenakan file-file multimedia yang relatif berukuran besar.
Fokus situs ini adalah publikasi audio dan video online.

k.       E-Commerce
Situs dengan sistem e-commerce adalah situs yang bertujuan untuk melakukan perdagangan melaluimedia internet. Pengelola dapat mengorganisir barang-barang yang ingin dijual lalu mempublikasikansecara online beserta harganya. Ada juga yang menyediakan transaksi online melalui website ini. Yang jelas dalam hal ini website dimanfaatkan sebagai toko di dalam internet.
Fokus situs ini adalah perdagangan online.
l.        E-Learning
E-Learning merupakan situs yang menyediakan pembelajaran online melalui internet. Pembelajarandilakukan melalui berbagai media seperti tulisan, gambar hingga multimedia.
Fokus situs ini adalah pembelajaran online.
10.  Manfaat dan fungsi website
Manfaat dan fungsi website dalam pemasaran Anda sudah mempunyai website tetapi bingung memaksimalkan untuk pemasaran? Ikuti penjelasan berikut ini. Website yang ada bisa dibuat sebagai sarana pemasaran online maupun offline.
a.       Website sebagai sarana pemasaran online Pikirkan suatu keyword apa yang mungkin pengunjung ketikkan di Google untuk mencari produk /jasa yang anda butuhkan. Misalnya usaha anda bergerak di bidang fotografi. Kemungkinan orang searching di Google untuk mencari produk anda adalah searching dengan keyword ‘jasa fotografi’, ‘foto perkawinan’, ‘foto keluarga’, ‘foto prewedding’ dan lain-lain. Kemudian lakukan riset mengenai kemungkinan keyword-keyword lain yang serupa dengan memakai Google keyword tool. Setelah itu buatlah artikel dengan judul keyword-keyword di atas. Tentu saja, supaya anda mendapatkan rangking yang tinggi di Google, anda harus rajin menambah halaman di website anda. Hal ini sering disebut SEO (Search Engine Optimization)
b.      Website sebagai sarana pemasaran offline Website yang sudah online tersebut bisa disimpan ke dalam CD. Minta kepada web developer anda supaya website yang ada sekarang bisa disimpan dalam bentuk CD. CD ini bisa dipakai sebagai CD Company Profile maupun CD Product Catalog. CD ini bisa dipakai sebagai alat marketing misalnya diberikan kepada calon pelanggan potensial. CD ini juga bisa dipakai sebagai sarana presentasi bagi team sales.
c.       Secara spesifik website mempunyai peranan yang cukup penting untuk perusahaan dan anda untuk berkomunikasi dengan audiens :
a.       Mempelajari Tingkah Laku Visitor Yaitu untuk melanjutkan hubungan dengan visitor, pelanggan, atau calon pelanggan secara terus menerus dengan periodik basis. Dengan cara ini perusahaan Anda akan dengan mudah mempelajari tingkah laku pelanggan atau calon pelanggan perusahaan Anda, sehingga bisa membantu menentukan kebijakan apa yang tepat bagi perusahaan Anda.
b.      Memudahkan Komunikasi Hal lain yang cukup memberikan kesan baik bagi perusahaan Anda khususnya upaya untuk memelihara hubungan dengan klien atau customer, ataupun partner bisnis perusahaan Anda adalah dengan tetap terjalin komunikasi yang baik. Manjakan klien atau customer, serta partner bisnis perusahaan Anda dengan berbagai fasilitas dan kemudahan untuk berkomunikasi dengan Anda. Dan media yang paling murah adalah dengan adanya internet melalui email ataupun teknologi lain seperti ICQ, Chatt dan online forum.
d.      Mendapatkan Feedback dan Komunikasi yang Cepat dan Murah Dengan Internet maka Anda terasa lebih mudah untuk mendapatkan feedback dari pelanggan atau partner bisnis Anda. Pelanggan atau partner bisnis Anda akan lebih menyukai media internet. Mengapa demikian? Karena komunikasi yang tanpa batas di internet ini memberikan nilai tambah terutama upaya untuk menekan biaya komunikasi. Bisa Anda bayangkan jika komunikasi antar negara memakai telepon atau fax sebagai media komunikasi, berapa cost yang harus dikeluarkan untuk itu semua? dan bandingkan dengan jika Anda menggunakan fasilitas internet, maka Anda akan merasakan bedanya.
11.   Bahasa Pemrogram WEB
Bahasa Pemograman berbasis Web memang sangat familiar dan menjadi suatu trend di kalangan pemula seperti saya ini.Banyak software yang berbasis pembuatan Web seperti frontpage , Dreamweaver, dan Joomla yang databasenya menggunakan PHP dan MySql.Ada beberapa struktur pemahaman tentang bahasa pemograman yang berbasis Web yang digunakan dalam pembuatan suatu website maupun Blog yang harus dipahami dasar-dasarnya.Berikut merupakan bahasa pemrograman yang berbasis Web.
A.       Bahasa Pemrograman HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan.Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.
B.      Bahasa Pemrograman PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini.
PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).

C.      Bahasa Pemrograman Javascript
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client.JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape.Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.

D.      Bahasa Pemrograman CSS
Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup.Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML.Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL.Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

E.       Bahasa Pemrograman ASP
ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft.ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.

F.       Bahasa Pemrograman XML
Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data.XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja.XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.

G.     Bahasa Pemrograman WML
WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge).WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless.WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.

H.      Bahasa Pemrograman PERL
Perl adalah bahasa pemrograman untuk mendesain dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.

I.        Bahasa Pemrograman CFM
Cfm dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio.Syntax coldfusion berbasis html.


Dibimbing di : www.indicaisp.net

Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment