TKJ SMKN 1 GEGER MADIUN

Teknik Komputer dan Jaringan

Friday, January 11, 2013

PENGENALAN MIKROTIK


Mikrotik adalah OS untuk router dengan berbagai fitur.Namun dari berbagi fitur yang ada, fitur yang paling sering dipakai adalah sebagai firewall dan Bandwidth management serta Hotspot. Mikrotik adalah Router yang saat ini paling banyak di pakai Warnet dan ISP di indonesia.
Segudang fitur dan harga yang terjangkau adalah alasan utamanya. Sebelum melangkah lebih jauh, mikrotik tersedia dalam dua distribusi, yaitu Mikrotik Hardware atau sering disebut dengan RouterBOARD yaitu Produk hardware jaringan yang didalamnya sudah secara otomatis disertakan Mikroik OS nya. Distribusi yang kedua adalah distribusi hanya dalam bentuk Sistem operasinya dimana kita bisa menginstall di PC lawas sekelas PII atau PIII dengan RAM 256.
Jika anda ingin mencoba mikrotik di Komputer anda sendiri, anda bisa mendownload ISOnya di http://mikrotik.co.id/download.php. ISO bisa anda bakar ke CD. Download ISO ini hanyalah mikrotik versi trial dengan batasan waktu pemakaian 24 jam. Jadi misalkan hari ini anda belajar mikrotik 2 jam setiap hari, anda bisa bisa belajar ampe 12 harian. CATATAN PENTING: 24 dihitung dari uptime total.

WINBOX

Winbox adalah sebuah utility yang digunakan untuk melakukan remote ke server mikrotik kita dalam mode GUI. Jika untuk mengkonfigurasi mikrotik dalam text mode melalui PC itu sendiri, maka untuk mode GUI yang menggunakan winbox ini kita mengkonfigurasi mikrotik melalui komputer client.

Mengkonfigurasi mikrotik melaui winbox ini lebih banyak digunakan karena selain penggunaannya yang mudah kita juga tidak harus menghapal perintah-perintah console. Untuk mendapatkan winbox anda bisa mendownloadnya atau bisa juga mendapatkan dimikrotik anda.


Dibimbing di : www.indicaisp.net

Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment